Robert Alberts Klaim Persib Bandung Salah Satu Tim Dengan Pertahanan Terbaik

By ommed


nusakini.com - Persib Bandung melakukan banyak evaluasi setelah Liga 1 2021/22 seri pertama rampung. Persib masih dianggap jauh dari harapan oleh suporter mereka, lantaran bermain empat kali imbang, dan hanya dua kali menang.

Bagaimana pun, Persib masuk salah satu dari beberapa tim yang memiliki jumlah kejebolan paling sedikit. Robert Alberts selaku pelatih juga sudah melakukan analisis, dan ia menyimpulkan bahwa pertahanan Persib memang cukup baik.

“Saya rasa Persib bersama dengan Arema dan Bhayangkara merupakan tim dengan pertahanan terbaik. Tapi dari hasil analisa dan sudah kami identifikasi, kami masih harus berbenah dalam mengantisipasi umpan panjang ke wilayah pertahanan kami,” ucap Robert, dikutip laman Simamaung.


Maung Bandung baru dijebol dua kali, yakni ketika menghadapi sepuluh pemain Bali United, dan saat berjumpa PSM Makassar. Kedua gol yang diterima Persib cukup identik, yakni bagaimana lini belakang kurang sigap mengantisipasi umpan panjang lawan.

Pada dua pertandingan itu, yakni melawan Bali United dan PSM, Persib sejatinya punya peluang untuk menang. Hanya saja, gara-gara mereka malah dibobol lawan, kemenangan akhirnya sirna dan membuat Persib harus puas berbagi poin.

"Karena itu mengakibatkan terciptanya dua gol dari dua laga yang seharusnya bisa dimenangkan. Jadi kami ingin membenahi itu, dan seperti apa yang saya sudah katakan kemarin, ada tiga hal yang perlu diperbaiki,” urai Robert.

Bagaimana penyelesaian akhir dan menciptakan peluang juga tetap dipikirkan oleh Robert, karena Persib cukup tumpul meski banyak pemain berkualitas. Hal lain yang juga harus dikoreksi adalah perolehan kartu kuning Persib yang cukup banyak.


“Selain mengasah penyerangan, kami mengantisipasi umpan jauh lawan. Lalu agresivitas ketika bermain, bukan untuk mendapat kartu kuning tetapi memenangi duel dan mendapat bola. Jadi kemasukan empat gol adalah catatan yang cukup bagus,” beber sosok asal Belanda tersebut.

Sementara itu, gelandang asing Persib Rashid Bassim menegaskan bahwa dirinya juga tidak mau santai dengan jeda kompetisi menyambut seri kedua. Tandem Marc Klok di lini tengah Persib itu juga mengakui bahwa tim masih bisa berbuat lebih.


“Saya pribadi melakukan latihan ekstra. Saya berlatih dengan tim dan berlatih sendirian. Karena itu membuat saya jadi lebih siap, untuk itu saya menambah latihan,” kata Rashid.

“Saya menambah latihan lagi karena kalau tidak salah, pertandingan nanti akan berjarak dua sampai tiga hari, jadi butuh kebugaran yang lebih baik. Jadi semoga dengan tambahan porsi latihan, saya punya kondisi kebugaran yang lebih baik." (gi/om)